Merawat Hijau Sekolahku

Read Time:1 Minute, 0 Second

Pohon memiliki peran penting bagi dunia. Sebagai penyedia karbon dan oksigen, pohon menjadi sumber daya untuk menopang kehidupan. Namun, berbagai pembangunan fisik di suatu wilayah seakan mempersempit area penghijauan. Jika dibiarkan, lama-lama makhluk hidup tak akan bisa merasakan nikmatnya manfaat pohon.

Untuk mencegah hal itu, pembelajaran tentang pentingnya menanam pohon terus ditularkan. Salah satunya, melalui program Adiwiyata untuk pelestarian lingkungan yang dimulai dari sekolah.

Contohnya seperti kegiatan yang dilakukan oleh SMP Negeri 8 Mojokerto. Siswa diajak untuk saling bekerjasama dalam menanam tanaman. Tak hanya menanam, ke depannya siswa juga akan dilibatkan dalam kegiatan perawatan tanaman sekolah. Seperti menyiram tanaman, membersihkan daun yang gugur, hingga proses daur ulang menjadi bahan lain yang bermanfaat.

Program Adiwiyata tak melulu tentang upaya penghijauan area sekolah. Tetapi, juga program menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Termasuk di antaranya membuat bahan daur ulang, memilah sampah, dan mengurangi penggunaan plastik di sekolah.

Program Adiwiyata juga dimaksudkan untuk membentuk karakter siswa yang cinta terhadap lingkungan. Pembiasaan sejak dini itu diharapkan dapat tertanam dalam benak siswa. Sehingga, mereka akan terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang tujuannya untuk pelestarian lingkungan.

Terkait penanaman pohon, Anis berharap kegiatan ini bisa membuat area sekolah semakin rindang. Sehingga, lebih nyaman untuk kegiatan pembelajaran.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Lomba Temu Galang 2022
Next post DAFTAR LINK PTS DAN PAT 2022